Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013

Kali ini kita akan membahas mengenai penyusunan RPP kurikulum 2013, sebelum menyusun RPP alangkah baiknya kita mengetahui apa itu RPP. Seperti yang sudah diketahui RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, apakah cukup kalau hanya sekedar mengetahui kepanjangan dari RPP itu?
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai sepasang Kompetensi Dasar (KD).
Kapan sih penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) itu harus dibuat? Awal tahun ajaran baru? Setiap semester ganjil/genap? Atau setiap kita mau masuk kekelas baru membuat? Lebih jelasnya penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai.

Untuk lebih memudahkan dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 ini, kita harus bisa memahami konsep dari RPP itu sendiri.
Apa sih konsep dari RPP itu? 
Mari kita kaji dan pahami bersama konsep dari RPP.

Konsep Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
2.    Penyusunan RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
3.    Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku teks peserta didik, dan buku guru.
Nah bisa kan sekarang memahami konsep dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)? Pasti bisa lah dan harus bisa (sedikit maksa hehehe...)
Ok sekarang kita lanjut ke tahap berikutnya, apa? Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) nya? Bersabarlah dulu, kita nikmatin step by step untuk penyusununan Rencan Pelaksanaan Pembelakaran (RPP) ini. Untuk tahap selanjutnya mesti diketahui komponen-komponen yang ada dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Komponen-kompenen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah                       : ……………..
Mata Pelajaran          : ……………..
Kelas/Semester          : ……………..
Alokasi Waktu           : ……………..

A. Kompetensi Inti
  1. Pengetahuan
  2.  Keterampilan 
B. Kompetensi Dasar
  1. KD pada KI pengetahuan
  2. KD pada KI keterampilan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Indikator KD pada KI pengetahuan
  2. Indikator KD pada KI keterampilan
D. Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
    (rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
F. Pendekatan, Model dan Metode
G. Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan Kesatu:
  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit) 
  2. Kegiatan Inti (... menit) 
  3. Penutup (… menit)
    Pertemuan Kedua:*)
  1. Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit) 
  2. Kegiatan Inti (... menit) 
  3. Penutup (… menit), 
      dan pertemuan seterusnya.
H. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
  1. Instrumen dan Teknik Penilaian
  2. Analisis Hasil Penilaian
  3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
I. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  1. Media
  2. Alat
  3. Bahan
  4. Sumber Belajar


Seperti yang telah dibaca diatas, terdapat 9 komponen yang harus ada di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Banyak juga yah?hehehe

Untuk memudahkan dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ada beberapa langkah yang mesti dilakukan terlebih dahulu. Duh masih belum juga penyusunannya?

Langkah-langkah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP) :
1. Menganalisis Program Semester.

2.Menyusun RPP dengan Menggunakan Format RPP

Sekarang kita sudah selesai memahami langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tapi masih ada point penting yang harus diingat dan dicatat. Point pentingnya adalah dalam perumusan tujuan pembelajaran harus mengandung konsep ABCD. Apaan sih konsep ABCD itu?
1.      Audience adalah peserta didik;
2.      Behavior merupakan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan dicapai setelah mengikuti pembelajaran;
3.      Condition adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan agar tujuan pembelajaran tercapai;
4.      Degree adalah ukuran tingkat atau level kemampuan yang harus dicapai peserta didik

Alhamdulillah selesai sudah pembahasan kita kali ini tentang memahami langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. Semoga bermanfaat dan selamat menyusun RPP nya.

Sumber : Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
                Handbook Materi Diklat

Aduh sampai kelupaan, kalau postingan ini dirasakan cukup bermanfaat silahkan like dan share yah. Dan kalau ada kekurangan dalam penulisan postingan ini silahkan tuliskan di kolom comment. Terima kasih...
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Reviewed by kojiew on September 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.